Menanti Kebangkitan Persusuan Indonesia

Meningkatnya konsumsi susu dan produk-produk hasil olahannya sebagian besar dipengaruhi oleh meningkatnya populasi kelas menengah, bertambahnya jumlah penduduk usia produktif, serta kesadaran masyarakat yang terus membaik seputar mantaat susu bagi kesehatan dan kecerdasan.

Sebuah lembaga internasional melaporkan bahwa kelas menengah Indonesia meningkat sekitar 7%/tahun. Semua faktor ini secara akumulatif akan mendorong meningkatnya konsumsi hasil ternak, sehingga diperkirakan tingkat konsumsi susu per kapita orang Indonesia akan terus meningkat dalam jangka panjang.

Tingginya permintaan dan kebutuhan susu secara nasional di Indonesia ini merupakan peluang ekonomi yang besar untuk dimanfaatkan khususnya bagi penguatan ekonomi rakyat dan ekonomi nasional secara umum. Di sisi lain, konsumsi susu dan produk susu juga berdampak positif terhadap peningkatan kualitas SDM bangsa.

Untuk itu, sangat dinantikan kebangkitan persusuan domestik, sehingga dapat mengurangi ketergantungan impor susu yang sedemikian tinggi seperti yang terjadi saat ini, sekaligus dapat memenuhi kebutuhan sendiri akan susu dan produk olahannya.

Ikuti #ILC20 Edisi Perayaan Bulan Susu Sedunia pada Rabu siang Jam 13.00 WIB, 16 Juni 2021, daftar sekarang juga di: https://www.agropustaka.id/susu

susu #dairy #bulansususedunia #milk #persusuan #indonesialivestock #poultryindonesia #ILC #ILA #sapiperah #perah #Proteinhewani #SSDN #sususegardalamnegeri