Hosting Unlimited Indonesia
Kabar

ISPI Gelar Program Magang untuk SDM Unggul Peternakan

Ikatan Sarjana Peternakan Indonesia (ISPI) bekerjasama dengan Indonesia-Australia Partnership on Food Security in the Red Meat and Cattle Sector (Partnership) menyelenggarakan program pelatihan kerja untuk lulusan baru di bidang peternakan. Program yang bertajuk “ISPI-Red Meat and Cattle Partnership Internship Program for Fresh Graduate” ini diselenggarakan pertama kalinya tahun 2019 ini dengan diikuti 25 orang sarjana peternakan dengan pengalaman kerja maksimal 2 tahun yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia.

Ke-25 peserta terpilih dari sekitar 140 pendaftar yang berasal dari 32 universitas di seluruh Indonesia melalui dua tahap seleksi, yaitu administrasi dan wawancara. Mereka ditempatkan selama tiga bulan disembilan perusahaan yang bergerak dalam bidang pembiakan sapi dan sapi potong seperti PT. Citra Agro Buana Semesta, PT. Astra Menara Rachmat, PT. Juang Jaya Abdi Alam, dan PT. Buana Karya Bakti yang tersebar di Pulau Jawa, Sumatera dan Kalimantan.

Muhsin Al Anas selaku koordinator program ISPI tersebut menyatakan bahwa program ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan dan kemampuan teknis lulusan program studi peternakan terutama yang baru lulus (fresh graduate) sehingga memiliki pemahaman mengenai proses bisnis di industri peternakan secara nyata.

“Program ini merupakan kontribusi ISPI dalam menyiapkan SDM Indonesia Unggul sesuai dengan visi pembangunan Indonesia menuju negara maju 2045. Tidak hanya mempersiapkan sarjana unggul yang siap kerja di industri peternakan, kerja sama dengan Partnership ini diharapkan juga dapat meningkatkan daya saing dan pemikiran-pemikiran inovatif para sarja ini dalam menyiapkan sektor peternakan dalam revolusi industry 4.0 di Indonesia,” ungkap Muhsin.

Sebelum ditempatkan di berbagai perusahaan, peserta mendapatkan pelatihan singkat terlebih dahulu pada 25-27 November 2019 di Jakarta dan Cianjur. Rangkaian pelatihan terdiri pelatihan dalam kelas dan praktik untuk memahami tantangan dan peluang industri peternakan sapi potong di Indonesia, manajemen peternakan sapi potong dari hulu ke hilir, proses bisnis sektor daging merah dan sapi, hingga pelatihan menulis dan motivasi bekerja dalam bekerja dan bekerja sama dalam tim. Pembekalan diawali dengan presentasi dari Dewan Pembina PB ISPI Ir. Djoni Liano, M.Sc, tentang tantangan dan peluang industri sapi potong di Indonesia. AP