Hosting Unlimited Indonesia
Kabar

Pelatihan & Uji Kompetensi Pemotongan Daging (Butcher) 2019

Pelatihan dan Uji Kompetensi Bidang Pemotongan Daging (Butcher) Level Junior

Jadwal Pelatihan: Senin s.d. Jumat; 18 s.d. 22 November 2019

Jadwal Uji Kompetensi: Senin s.d. Rabu; 25 s.d. 27 November 2019
di Fakultas Peternakan Kampus IPB Darmaga,Bogor

Sertifikat:

  1. Sertifikat Pelatihan Berbasis Kompetensi (sertifikat berlaku sebagai prasyarat ikut pelatihan uji kompetensi)
  2. Sertifikat Kompetensi dari BNSP (Badan Nasional Sertifikasi Profesi)*
    *) Bila lulus ujian kompetensi yang dilaksanakan oleh LSP PI

Tentang Pelatihan:
Dalam rangka menjamin bahwa karkas, daging, dan jeroan yang dihasilkan oleh Rumah Potong Hewan Ruminansia (RPH) dan Unit Penanganan Daging/UPD (Meat Cutting Plant) memenuhi kriteria aman, sehat, utuh, dan halal (ASUH) sesuai Peraturan Menteri Pertanian Nomor 13/Permentan/OT.140/1/2010 maka setiap RPH/UPD wajib mempekerjakan paling kurang satu orang tenaga ahli pemotong daging berdasarkan topografi karkas (Butcher). Namun demikian, saat ini RPH dan UPD di Indonesia belum banyak memiliki tenaga ahli Butcher yang kompeten dan bersertifikat seperti yang dibutuhkan pasar. Hal ini menyebabkan posisi tersebut masih diisi oleh tenaga asing.

Berdasarkan kondisi ketenagakerjaan tersebut, Kementerian Pertanian menyusun Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) untuk bidang Pemotongan Daging (Butcher) yang bertujuan untuk memberikan acuan baku tentang kriteria standar kompetensi kerja tenaga ahli Pemotong Daging berdasarkan topografi karkas (Butcher) bagi para pemangku kepentingan (stakeholders) dalam rangka mewujudkan Butcher yang profesional.

Profesi butcher di Indonesia belum banyak jumlahnya. Di RPH ada banyak jagal tetapi mereka belum bisa dikatakan sebagai butcher. Pemerintah Indonesia saat ini sedang menggalakkan berbagai pelatihan dan sertifikasi profesi butcher untuk melahirkan butcher-butcher baru yang kompeten dan bersertifikat. Hal ini agar sapi atau ternak potong lainnya bisa dipotong dan ditangani oleh butcher tersebut sesuai standar internasional. Oleh karenanya diharapkan daging-daging yang dihasilkan dari berbagai RPH bisa diterima dan dipasarkan di hotel, restoran dan supermarket yang ada yang saat ini sebagian besar masih tergantung pada supply daging impor.
Keterbatasan kesempatan mengikuti pelatihan pada lembaga pemerintah bagi calon tenaga Butcher mendorong FLPI memfasilitasi SDM secara lebih luas melalui pelatihan berbayar.

Biaya Pelatihan dan Uji Kompetensi:
Rp 6.400.000 /peserta;biaya tersebut mencakup biaya pelatihan (5 hari), ujian kompetensi (3 hari), bahan dan alat praktek, training kit, modul, makan siang, coffee break.

Segera daftarkan diri Anda melalui:

http://bit.ly/FLPI_ButcherJunior1

Pendaftaran ditutup tanggal 10 November 2019 atau sampai kuota terpenuhi (max.20 orang).